Selasa, 13 Desember 2011

Awas! Gunung Sindoro Akan Meletus

Aktivitas gunung Sindoro mulai meningkat, warga kampung Sibajak kecamatan Ngadirejo Kabupaten Temanggung Jawa Tengah yang terletak di lereng sebelah barat gunung yang berstatus level 2 'Waspada' tersebut pada hari senin kemarin merasakan gempa hingga sembilan kali.


Warga pun berhamburan keluar rumah, karena khawatir terjadi sesuatu pada mereka. "Kami kaget dan warga dusun berhamburan keluar rumah begitu ada gempa. Setelah gempa pertama, disusul gempa beberapa kali, kami takut", ujar Kasiman (55) warga setempat kemarin.


Meskipun sempat kaget dengan efek getaran gempa, warga mengaku sudah siap jika sewaktu - waktu harus melarikan diri ke tempat yang aman jauh dari kawasan puncak gunung Sindoro. Warga Sibajak pun sudah terbiasa dengan melakukan latihan mengungsi kecil - kecilan.

Sementara itu, kabar meningkatnya aktivitas Sindoro membuat sebagian warga yang tinggal di lereng gunung ini panik dan mulai mengungsi, seperti yang terjadi di dusun Gondangan, desa Watu Kumpul, kecamatan Parakan. Puluhan warga desa yang berjarak delapan kilometer dari puncak Sindoro ini sebagian sudah mengungsi sejak kamis lalu.

Ketua Rt 2 Rw 1, dusun Gondangan, desa Watu Kumpul, Sugiyarto (56), mengatakan, sedikitnya ada sekitar 59 jiwa dari 13 keluarga di dusun Gondangan yang telah mengungsi ke tempat saudaranya karena khawatir gunung Sindoro akan meletus.

Menurut Sugiyarto, tidak menutup kemungkinan gelombang pengungsian akan semakin bertambah, sebab masih ada beberapa warganya yang kini sedang bersiap - siap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar